Manfaat 6 Jenis Apel Berdasarkan Warna Kulit

Manfaat 6 Jenis Apel Berdasarkan Warna KulitDiketahui memiliki apel manis, sedikit asam dan segar sehingga sangat cocok sebagai hidangan penutup setelah menyantap makanan hangat. Tidak hanya segar, apel ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Seorang dokter mengatakan bahwa apel yang Anda makan saat bermain slot online di situs kesukaan anda setiap hari dapat menjaga Anda dari kanker. Kanker ini adalah penyakit mematikan di Indonesia. Jauh dari penyakit dengan makanan yang baik akan menjadi rutinitas yang menyenangkan untuk dijalankan.

Di supermarket atau pasar tradisional, Anda akan menemukan beragam apel. Ada bintik-bintik hijau, kuning dengan merah, kuning, dan merah dengan bintik-bintik hitam.

Setiap apel memiliki nama dan rasa yang unik. Tanpa penjelasan lebih lanjut, kita akan membahas jenis buah yang memiliki nama Latin Malus domestica!

Manfaat 6 Jenis Apel Berdasarkan Warna Kulit1. Rome Beauty Apple (kuning kekuningan)

Baca artikel tentang apel, karena Anda akan mengingat kota Malang. Ya, Malang terkenal dengan apel yang tumbuh. Tiga dari apel yang paling banyak dibudidayakan adalah Rome Beauty, Manalagi dan Anna. Tiga buah apel rasanya enak dan diminati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Rome Beauty Apple fitur bulat dengan lekukan yang cukup dalam di kedua ujungnya, kuning kekuningan, daging putih dan keras. Rasa apel agak asam dan segar.

Berat buah rata-rata sekitar 175 gram. Buah ini banyak ditanam di daerah beriklim kering dengan ketinggian 700 – 1200 meter.

Apel Rome Beauty biasanya dimakan sebagai hidangan penutup. Tapi buah ini juga bisa difermentasi menjadi cuka sari. Makan buah atau langsung diproses memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Beberapa manfaat ini mencegah sariawan dan penyakit gusi, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredakan sakit perut. Memang apel mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

2. Manalagi Apple (lampu hijau kekuningan)

Apel Manalagi adalah salah satu dari tiga apel paling populer di Indonesia karena kelembutan dan kesegarannya. Apel ini memiliki tekstur daging yang agak keras, kadar airnya lebih sedikit dari jenis apel lainnya.

apel manalagi sedikit bulat dengan diameter 4-7 cm dan di kedua ujungnya memiliki lekukan yang dangkal. Buah matang memiliki warna hijau kekuningan dan berat sekitar 75-160 gram per buah. Apel ini diperkenalkan oleh Belanda dan tumbuh subur jika ditanam pada ketinggian 700 – 1200 meter.

Apple masih memiliki banyak kelebihan dibanding jenis apel lainnya. Beberapa manfaat apel jenis ini yaitu mata yang sehat, mencegah kanker usus besar, dan jantung sehat. Ini karena kandungan dalam apel kaya akan vitamin A, C dan kalsium.

3. Apel Anna (berwarna hijau dengan semburat merah)

Apel Anna yang banyak dibudidayakan di Kota Malang ini memiliki sebutan lain Apel Jonathan. Kulit apel Anna berwarna hijau dan teksturnya tipis. Bentuknya bulat dengan diameter 6 cm, memiliki lekukan kecil dan dalam di kedua ujungnya.

Apel ini dapat digunakan untuk mengganjal perut di pagi hari. Kamu tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah ini sebelum makan karena rasa asam yang ada dalam buah ini akan berubah menjadi basa dan menyeimbangkan pH dalam lambung.

Mengkonsumsi apel Anna secara rutin dapat menghindarkan kamu dari risiko kanker usus. Hal ini disebabkan kandungan serat buah ini membantu melancarkan pencernaan dalam usus. Apel Anna juga dapat menyembuhkan asma dan bagus dikonsumsi ibu hamil.

Dipercaya mengkonsumsi buah apel saat hamil menyehatkan saluran pernafasan janin. Selain kaya akan vitamin dan mineral, apel Anna juga mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah terjadinya katarak pada mata.

4. Apel Fuji (berwarna kuning kemerahan)

Apel Fuji merupakan salah satu apel import dari Jepang. Apel ini memiliki warna kuning dengan semburat merah. Kulit apel Fuji cukup tipis dan daging buahnya berwarna putih. Daging buah ini rasanya manis, segar dan renyah saat dikunyah. Buah ini ternyata merupakan buah persilangan, yaitu persilangan dari apel old Virginia dan apel red delicious.

Antioksidan pada apel Fuji baik untuk membuang racun atau detoksifikasi pada hati. Dengan berkurangnya racun pada hati maka kinerja hati menjadi lebih optimal. Buah ini bagus untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat melancarkan saluran pencernaan. Bukan hanya menyehatkan, mengkonsumsi buah apel secara teratur juga dapat menyehatkan kulit kamu lho. Yuk jadikan konsumsi apel rutinitas dalam harimu!

5. Apel Royal Gala (berwarna merah kekuningan)

Kamu pasti sering melihat buah ini dijual di supermarket. Apel Royal Gala memiliki warna dasar merah dengan semburat kuning. Dibandingkan dengan apel Fuji, apel ini berukuran lebih kecil.

Kulitnya yang lebih tipis dari kulit apel jenis lain menjadikan buah ini favorit Ratu Elizabeth. Buah ini berasal dari Selandia. Wajar saja bila harganya mahal. Apel ini enak dimakan langsung atau diolah menjadi pie apel, campuran salad buah dan cuka apel atau cider.

Mengkonsumsi apel royal gala secara langsung atau olahannya, cuka apel, sama-sama bermanfaat bagi tubuh kamu. Cuka apel dikenal mampu menyembuhkan jerawat lho. Caranya gampang banget.

Kamu cukup mengoleskan cuka apel secara rutin, mendiamkannya 10 sampai 15 menit dan jangan lupa mencuci muka kamu setelahnya. Kandungan vitamin c apel inilah yang meringankan peradangan pada jerawat dan menyerap minyak berlebih di muka kamu.

6. Apel Washington (berwarna merah marun)

Apel jenis ini berwarna merah marun dengan bintik-bintik hitam. Apel Washington berukuran tidak terlalu besar dibandingkan apel Fuji. Apel ini memiliki kulit agak tebal dan daging buah berwarna putih. Rasa apel ini manis segar dan memiliki kandungan air yang cukup.

Apel ini sering digunakan sebagai pencuci mulut. Meskipun bernama apel Washington bukan berarti apel ini berasal dari Washington. Nama tersebut dikarenakan apel ini dibudidayakan dalam jumlah besar disana.

Apel ini dapat digunakan sebagai masker. Caranya adalah dengan menghaluskan apel ini dan mengoleskannya pada muka. Masker apel ini dapat membuat kulit halus dan kencang.

Selain untuk kecantikan konsumsi buah apel ini bagus untuk penderita anemia. Selain itu apel Fuji bagus juga lho bagi penderita kolesterol. Terdapat zat yang dapat menghancurkan kolesterol jahat dalam apel ini.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah apel menjadikan buah ini sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Mulai dari mengganjal perut sampai dengan mencegah kanker dapat kamu peroleh dari buah ini.

Bagi kamu yang kurang suka dengan bau rumah sakit atau bertemu dengan dokter sebaiknya menjadikan makan buah apel sebagai rutinitasmu. One apple a day can keep a doctor’s away!